Yapen (Antara Papua) - Komandan Kodim 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo SH membekali materi wawasan kebangsaan kepada sekitar 600 orang siswa dan siswi gabungan dari kelas I hingga kelas III SMK YPK Serui, guna menumbuhkan rasa cinta Tanah Air kepada para generasi muda penerus bangsa itu, pada Sabtu (23/9).

Ceramah wawasan kebangsaan itu digelar di ruangan Kelas II SMK YPK Serui, Distrik Yapen Selatan, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah SMK YPK Serui Herlina Surbakti, Perwira Seksi Teritorial Kodim 1709/Yawa Kapten Inf Budi Hermanto, beserta para guru dan Wali Kelas jurusan Bisnis, Manajemen, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi.



"Pemuda adalah harapan Bangsa yang nantinya akan meneruskan perjuangan bangsa, untuk itu para pemuda wajib dibekali dengan pengetahuan dan wawasan kebangsaan, sehingga ke depannya bangsa yang kita cintai ini bisa terhindar dari segala macam ancaman seperti Proxy War yang akhir-akhir ini sering melanda generasi muda khususnya para pelajar," ujarnya.

Proxy War adalah peperangan yang tidak berbentuk, contohnya maraknya peredaran narkoba di semua kalangan, baik itu di lingkungan masyarakat, sekolah hingga Perguruan Tinggi, sehingga generasi muda dibuat "lost generation" (tidak ada generasi) tidak punya tujuan dan cita-cita untuk membangun bangsa Indonesia, dengan kondisi tersebut tentunya bangsa asing dengan mudah akan menjajah bangsa Indonesia.

Selain itu, dampak negatif dari kemajuan teknologi yang akhir-akhir ini terjadi, seperti meraknya pembodohan dan banyaknya ujaran-ujaran kebencian dengan maksud dan tujuan untuk memecah belah NKRI yang beredar luas di dunia maya seperti di medsos, youtube dan lain sebagainya.

“untuk mengantisipasi hal tersebut, para siswa dan siswi harus bisa memilah dan memilih isu-isu global serta menyaring informasi sehingga dapat mengantisipasi kejadian tersebut," ujar Letkol Sat Hari.

Di akhir kegiatan, dilanjutkan dengan permainan hola hoop (ring sport) yang dapat menumbuhkan kekompakan dan rasa kebersamaan dari para siswa dan siswi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK YPK Serui Ibu Herlina Surbekti menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dandim 1709/Yawa yang telah meluangkan waktunya untuk mengisi kegiatan Wawasan kebangsaan di sekolahnya, dan kedepan secara rutin pihak sekolah akan terus menggandeng pihak kodim 1709/Yawa dalam berbagai kegiatan. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024