Jayapura (Antara Papua) - Waka Polda Papua Brigjen Pol Agus Riyanto membuka dan memberi pembekalan kepada 260 Bhabinkamtibmas, Babinsa dan para kepala kampung tentang pengelolaan dana desa di Kabupaten Merauke, Asmar, Mappi dan Boven Digoel.

    Pembekalan itu dilaksanakan pada Kamis pekan lalu di Gedung Olahraga (GOR) Hiad Say Merauke yang diawali dengan pemutaran film sambutan Presiden Joko Widodo tentang dana desa, yang dilanjutkan dengan sambutan Bupati Merauke yang diwakili oleh Asisten I Setda Merauke Soenaryo.

    Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan Waka Polda Papua Brigjen Pol Agus Rianto yang membacakan sambutan Kapolda Irjen Pol Boy Rafli Amar, lalu pemukulan tifa, istirahat dan pemberian materi pembekalan.

    "Jangan pelaksanaan beli air vit perwabkunya beli bir atau pelaksanaan tidak beli vit dan bir dan perwabkunya bahkan tidak ada sama sekali, sehingga diharapkan kepada seluruh peserta agar dengan baik memperhatikan semua materi yang disampaikan oleh nara sumber, yang kurang jelas agar dapat ditanyakan," kata Brigjen Pol Agus Rianto.

    Ia menegaskan agar penyaluran dana desa hibah dari kepala kampung kepada para Bhabinkamtibmas dan Babinsa agar dibuatkan pertanggung jawaban yang jelas peruntukkannya.

    "Jangan sampai hal ini menjadi temuan penyelewengan dikemudian hari, sehingga bisa menghambat pembangunan di tingkat kampung karena dana hibah,"kata Agus Rianto.

    Sementara sambutan Bupati Merauke yang dibacakan oleh Soenaryo menyampaikan soal pemekaran pemerintahan yang mengacu pada peraturan yang berlaku sehingga penambahan jumlah desa atau kampung disesuaikan dengan alokasi dana yang ada.

    Acara tersebut juga dihadiri oleh Danrem 174/ATW yang di wakili oleh pejabat dilingkungan korem, Direskrimsus Polda Papua, Kabid Humas, Kabid Propam, Kapolres Merauke Akbp Bahara Marpaung, Kabag Ops Polres Merauke Kompol Marthin Koagouw, Kapolres Boven Digoel, Kapolres Mappi dan para perwira TNI-POLRI.(*/Adv)

Pewarta : Oleh Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024