Jayapura (Antara Papua) - Bupati Tolikara Usman Wanimbo menyatakan siap merangkul semua pasangan calon bupati dan wakil bupati yang sebelumnya menjadi saingannya saat pilkada lalu.

"Kami siap merangkul semua kelompok masyarakat termasuk kepada paslon yang sebelumnya bersaing dalam pilkada," kata Usman Wanimbo dalam rapat koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Forkompimda dengan tokoh masyarakat dalam rangka evaluasi dan antisipasi perkembangan situasi kamtibmas di Papua yang berlangsung di Mapolda Papua di Jayapura, Selasa.

Ia mengatakan secara pribadi sudah melakukan komunikasi dengan paslon no urut 2 yakni Amos Jikwa sedangkan dengan paslon no urut 3 Jhon Tabo masih terus dilakukan.

Kami juga akan berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat agar yang saat ini masih melakukan pemalangan di Distrik Minage karena jalan tersebut merupakan jalan utama yang menghubungkan Wamena-Karubaga.

"Saya akan segera ke Karubaga, ibu kota Kabupaten Tolikara dan mengumpulkan para tokoh dan sesegera mungkin membuka palang tersebut sehingga aktifitas masyarakat kembali berjalan normal," kata Bupati Tolikara Usman Wanimbo.

Sementara itu Ketua Forum Kerukunan Ummat Beraagama ( FKUB)Papua Pdt.Lipius Biniluk pada kesempatan itu meminta agar 11 tersangka yang saat ini ditahan di Polda Metro supaya dibebaskan atau dijadikan tahanan kota.

"Bila memungkinkan kami berharap agar proses penanganan 11 warga Papua yang saat ini ditahan di Jakarta dialihkan ke Papua," harap Pdt.Biniluk seraya mengharapkan komunikasi terus dilakukan sehingga harapan masyarakat dapat terwujud.

Karena bila penanganannya dipindahkan ke Papua maka keluarga dapat mengunjungi mereka di tahanan, harap Pdt.Biniluk.

Rakor Forkompimda dengan tokoh masyarakat dalam rangka evaluasi dan antisipasi perkembangan situasi kamtibmas di Papua yang dipimpin Kapolda Papua Irjen Polisi Boy Rafli dihadiri Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George Supit, Gubernur Papua diwakili Assisten I Pemprov Papua Doren Wakerkwa. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024