Timika (Antara Papua) - Kapolres Mimika AKBP Victor D Mackbon mengungkapkan kasus kriminalitas di area Kimbeli dan Utikini, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, relatif meningkat akibat ulah kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang beraksi di area tersebut.

"Daerah itu mereka (KKB) sudah jangkau, tindak kriminal sudah nyata dilakukan oleh mereka dan sangat meresahkan masyarakat," kata Victor di Timika, Selasa.

Menurut Victor, di area Utikini warga kerap mendapat tekanan psikis berupa penjarahan dan pemalangan, dan Victor menuding KKB sebagai pelakunya.

Humas Polda Papua merilis pada Senin (30/10) sekitar pukul 20.55 WIT, di Kampung Longsoran Banti, Distrik Tembagapura, terjadi pemerkosaan terhadap seorang warga sipil berinisial E alias mama L yang dilakukan oleh tiga anggota KKB.

"Memang ada KKB di sana yang segera kita ambil tindakan kepada mereka. Kita juga bangun komunikasi agar mereka tidak ganggu masyarakat," kata Victor.

Sementara itu, jalur utama tambang dan operasi PT Freeport, menurutnya kembali normal pascaserangkaian aksi teror penembakan selama sepekan lebih di area tembagapura sejak Sabtu (21/10), yang dilakukan oleh KKB.

Teror penembakan itu terus berlanjut hingga Minggu (29/10). Warga yang berada di Perkampungan sekitar Kota Tembagapura kini dilaporkan terisolir dari suplai logistik. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024