Jayapura (Antara Papua) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloysius Giyai mengemukakan seluruh tenaga kesehatan bertekad menjangkau masyarakat di wilayah terisolasi di provinsi tersebut yang selama ini tidak terjangkau pelayanan kesehatan.

Aloysius di Jayapura, Selasa, mengemukakan tekad tersebut sebagai bagian dari semangat juang dalam momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2017, yang menekankan tema "keluarga sehat, bangsa kuat".

Sedangkan subtema yang diusung, yakni "Dengan perayaan HKN yang ke-53 tahun seluruh tenaga kesehatan bertekad menjangkau masyarakat yang tidak terjangkau pelayanan kesehatan diseluruh wilayah terisolasi di seluruh Provinsi Papua".

"HKN tahun jatuh pada Minggu, 12 November 2017, sehingga kami di Papua akan memperingatinya pada Senin, 13 November. Kami berharap Gubernur Papua Lukas Enembe bisa menerima kami untuk perayaan ulang tahun HKN ke-53 tahun bersamaan dengan apel gabungan di Kantor Gubernur pada Senin, 13 November 2017," ujarnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan meluncurkan pelayanan kesehatan daerah-daerah terisolasi, gerakan masyarakat sehat (germas) dan imunisasi lengkap campak dan rubella tahun 2018.

"Selain itu juga kami akan melaksanakan rangkaian kegiatan, yakni melakukan pemeriksaan sukarela VCT maupun donor darah dan juga penyakit tidak menular (PTM) seperti tekanan darah tinggi, penyakit gula dan penyakit tidak menular lainnya," ujarnya.

"Perayaan ulang tahun HKN ke-53 tahun ini, kami akan melibatkan semua satuan kerja (satker) di institusi kesehatan dan instansi terkait lainnya," ujarnya.

Mantan Direktur RSUD Abepura ini menuturkan, panitia penyelenggara HKN ke-53 tahun ini telah menyepakati beberapa rangkaian kegiatan guna memperingati HKN kali ini.

Beberapa kegiatan yang disepakati di antaranya lomba gaple, lomba gawang mini antarinstansi kesehatan, lomba jalan santai bersama, kerja bakti massal oleh semua instansi kesehatan/Jumat bersih.

"Seluruh rangkaian kegiatan ini akan ditutup dengan apel gabungan perayaan ulang tahun HKN ke-53 tahun dalam apel bersama di Kantor Gubernur Papua," kata dia.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua menggelar rapat persiapan peringatan HKN yang akan jatuh pada 12 November 2017. Rapat persiapan HKN itu dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan Papua Aloysius Giyai.

Rapat itu melibatkan institusi kesehatan dan instansi terkait lainnya. Melalui momentum itu, disepakati beberapa kegiatan dalam rangka memperingati HKN 2017. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024