Biak (Antara Papua) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, mengupayakan pengadaan delapan unit bus sekolah segera rampung agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi siswa.

"Kami targetkan pegadaan delapan bus sekolah itu rampung tepat waktu atau Desember nanti, sehingga dapat didistribusikan sesuai kebutuhan siswa di berbagai wilayah distrik," kata Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor Simon Rumpaisum MAP, ketika dihubungi di Biak, Minggu.

Ia mengatakan delapan unit bus sekolah itu bukan hanya didistribusikan di Biak, tetapi juga di Pulau Numfor.

Pengadaan bus sekolah yang dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor itu bersumber dari alokasi dana otonomi khusus Papua tahun anggaran 2017.

Diharapkan bus sekolah itu dapat membantu memenuhi kebutuhan transportasi bagi siswa dari rumah menuju sekolah.

"Sampai saat ini bus sekolah itu sedang dalam proses pengiriman dari mitra ketiga kontraktor pelaksana proyek pengadaan barang dan jasa di lingkup Pemkab Biak Numfor," ujar mantan Ketua KNPI Biak itu.

Simon mengakui kebutuhan transportasi untuk siswa di berbagai wilayah sekolah terpencil Biak sangat didambakan orang tua, siswa dan guru yang mengajar di wilayah setempat.

Sejauh ini, ratusan siswa di wilayah kammpung terpencil diantaranya Distrik Oridekk, Biak Timur, Warasa, Bondifuar, Biak Barat, Swandiwe, Yawosi, Andey serta Distrik kepulauan Numfor, setiap hari berjalan hingga 3-4 kilometer untuk pergi ke sekolah karena ketiadaan sarana angkuta khusus siswa. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024