Jayapura (Antara Papua) - Enam kabupaten/kota di Provinsi Papua menerima bantuan sepeda motor keliling dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) untuk memberikan penanganan cepat terhadap korban kekerasan.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BPPPA) Provinsi Papua Anneke Rawar, di Jayapura, Jumat, mengatakan keenam wilayah tersebut yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Supiori, Puncak Jaya dan Jayawijaya.

"Masing-masing kabupaten/kota ini memperoleh jatah dua sepeda motor ditambah untuk BPPPA Provinsi Papua maka totalnya 14 unit," katanya.

Menurut Anneke, dengan adanya sepeda motor keliling itu diharapkan kasus-kasus kekerasan rumah tangga yang dialami ibu dan anak di kabupaten/kota dapat segera ditangani dengan baik.

"Selain motor keliling, tercatat 10 kabupaten yang menerima bantuan mobil keliling yakni Kabupaten Biak Numfor, Supiori, Nabire, Keerom, Jayapura, Jayawijaya, Merauke, Puncak Jaya dan Kota Jayapura termasuk BPPPA Provinsi Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap bantuan kendaraan roda dua dan empat ini tidak digunakan untuk kepentingan pribadi.

"Bantuan kendaraan roda dua dan empat ini diharapkan dapat menekan angka kekerasan dalam rumah tangga yang dialami ibu dan anak," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga mengharapkan di tahun mendatang, sisa kabupaten lainnya di Papua juga dapat menerima bantuan motor dan mobil keliling untuk penanganan kekerasan yang dialami ibu dan anak. (*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024