Biak (Antaranews Papua) - Arus balik liburan Natal dan Tahun Baru 2018 bagi penumpang kapal laut di pelabuhan Kabupaten Biak Numfor, Papua, hingga H+4 mengalami peningkatan hingga mencapai 1.300 orang.

Pantauan Antara di pelabuhan Biak pada keberangkatan Kapal Motor (KM) Sinabung milik Pelni bertolak ke Jayapura dengan mengangkut seribuan penumpang yang berangkat dari pelabuhan.

Ratusan calon penumpang kapal arus balik Natal dan Tahun Baru di Kantor Pelayanan Operasioal Perusahaan Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Biak Jalan Sudirman terlihat masih mengantre untuk mendapatkan tiket keberangkatan pada hari Jumat (5-1-2018) dengan tujuan Biak, Manokwari, Sorong, Bacan, Tidore, Ternate, Bitung, Banggai, Baubau, Makassar, dan Surabaya.

Untuk keberangkatan kapal penumpang KM Ciremai pada hari Minggu (7-1-2018) dengan tujuan Biak-Jayapura pergi pulang (p.p.) serta keberangkatan pada hari Selasa (9-1-2018) dengan rute BiakManokwari, Sorong, Ambon, Baubau, Makassar, Surabaya, dan Tanjung Priok Jakarta.

Sebelumnya, Kepala Cabang PT Pelni Biak Bambang mengatakan bahwa manajemen perusahan pelayaran nasional Indonesia menyediakan empat kapal angkutan laut dengan berbagai tujuan untuk melayani kebutuhan penumpang kapal laut pada masa libur Natal dan tahun baru.

"Perkiraan arus balik di pelabuhan Biak pada Minggu (7-1-2018) dengan KM Ciremai tujuan Biak-Jayapura dan Biak-Manokwari-Sorong," kata Bambang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Biak Otto P. Wanggai mengatakan bahwa layaan angkutan kapal penumpang pada liburan Natal dan tahun baru dilayani kapal Pelni.

"Semua jadwal keberangkatan penumpang kapal sepenuhnya diatur perusahaan Pelni sebagai penyedia jasa layanan angkutan kapal di Biak," katanya. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024