Jayapura (Antaranews Papua) - Para kandidat calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) yang akan mengikuti pilkada di Kabupaten Paniai, mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Dok II Jayapura, di Kota Jayapura, Ibu Kota Provinsi Papua, Senin.

Pantauan di lapangan, kandidat cabup yang terlihat mengikuti pemeriksaan kesehatan dari jalur partai politik yakni pasangan calon petahana Hengki Kayame dan Yeheskiel Tenouye, yang diusung tujuh partai politik, diantaranya Hanura, Demokrat dan Golkar.

Hengki Kayame merupakan Bupati Paniai periode 2013-2018.

Kandidat cabup-cawabup lainnya yang juga memeriksakan kesehatannya yakni Meki Nawipa-Oktopianus Gobay, yang diusung oleh Partai PKB dan Nasdem.

Ketua KPU Paniai Yulius Gobai yang ditemui di RSUD Dok II Jayapura mengaku belum bisa memberikan keterangan soal pemeriksaan kesehatan tersebut.

"Saya belum bisa berikan keterangan, nanti setelah pemeriksaan para paslon selesai, baru bisa," kata Yulius Gobai.

Sementara itu, kandidat bupati Meki Nawipa yang ditemui sebelum menjalani serangkaian tes psikologi mengatakan masih akan mengikuti satu item tes kesehatan lagi.

"Saya bersama pasangan akan periksa rekam jantung dulu, baru tes psikologi. Tadi pagi sudah saya  tes urine di BNN," kata Meki yang berprofesi sebagai pilot.

Sedangkan, kandidat petahana Hengki Kayame mengaku sudah persiapkan diri jauh-jauh hari untuk mengikuti tes tersebut.

"Saya siap ikuti tes kesehatan," kata Hengky Kayame yang juga Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Papua.

Selain dua bakal pasangan calon bupati/wakil bupati dari Paniai yang ikuti tes kesehatan dan psikologi, ada juga calon bupati dari Kabupaten Puncak, yakni Willem Wandik. (*)

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024