Jayapura (Antaranews Papua) - Ondoafi (kepala suku) wilayah Saireri mengukuhkan Ketua Umum Terpilih Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) periode 2018-2023 Merry Costavina Yoweni sebelum yang bersangkutan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya di Obhe Oheeiyonggi (rumah para-para adat), Rabu.

Kristovel Mara Sekretaris Panitia Pengukuhan Adat kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan prosesi ini bertujuan mendapatkan restu dari Ondoafi bagi KAPP sebagai organisasi yang diturunkan dari sisi kearifan lokal.

"Jadi kami memohon restu sebelum melaksanakan tanggung jawab dalam hal melindungi usaha orang asli Papua di atas tanah ini pada lima wilayah adat," katanya.

Menurut Kristovel, yang mengukuhkan secara adat adalah Mananwir Kepala Suku Apolos perwakilan wilayah adat Saireri meskipun KAPP berkantor di kawasan Mamta.

"Jadi dalam prosesi adat ini, Ketua Umum Terpilih KAPP periode 2018-2023 menggunakan busana adat dan dikukuhkan untuk mendapat restu dari alam dalam menjalankan tugas kepemimpinannya sebagai anak tanah," ujarnya.

Pengukuhan tersebut, kata dia, juga memberi makna bahwa Ketua Umum Terpilih KAPP menghargai adat dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

"Pengukuhan ini juga menggambarkan adanya pemberian tongkat komando dari adat untuk menjalankan tugas dan fungsinya dalam membangun ekonomi orang asli Papua," katanya.

Merry Costavina Yoweni terpilih kembali menjadi Ketua Umum Kamar Adat Pengusaha Papua Pusat periode 2018-2023 pada Konferensi III KAPP se-Bumi Cenderawasih pada Selasa (12/12) di mana rencananya akan dilantik oleh Gubernur Papua pada 9 Februari 2018. (*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024