Jayapura (Antaranews Papua) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Papua terus berupaya menyinergikan pembangunan tol laut yang digagas oleh Presiden Joko Widodo.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Recky D. Ambrauw, di Jayapura, Kamis, mengatakan sinergi tersebut bermakna bahwa Kementerian Perhubungan membangun sisi laut, dan pemerintah daerah mendukung dari sisi darat.

"Hal ini dilakukan agar konektivitas yang hendak dicapai dapat cepat terwujud dan pembangunan daerah terlaksana secara berkesinambungan," katanya.

Menurut Recky, di Papua, program tol laut mencakup beberapa pelabuhan seperti di Merauke, Timika dan Jayapura di mana hampir semuanya sudah berjalan sebagaimana mestinya.

"Misalnya di Timika, tol laut yang dibangun diharapkan dapat membantu beberapa daerah pedalaman seperti Kabupaten Puncak dan Puncak Jaya sedangkan untuk Jayawijaya bisa melalui pelabuhan Jayapura maupun Timika juga," ujarnya.

Dia menjelaskan yang jelas pembangunan tol laut di Papua sesuai program Presiden Joko Widodo sudah berjalan dan Pemprov Papua dalam hal ini Dishub mendukung percepatan konektivitas dengan kemampuan yang dimiliki.

"Untuk anggaran yang akan digunakan oleh Dishub dalam mendukung program tol laut ini disesuaikan dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), di mana sudah terbagi untuk jalur darat, laut dan udara," katanya lagi.

Dia menambahkan, yang jelas pihaknya sangat mendukung program tol laut ini, karena selain mempercepat konektivitas juga dapat membuka keterisolasian wilayah-wilayah tertentu di Papua.  (*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024