Biak (Antaranews Papua) - Pemerintah Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, menata Kampung Biawer untuk dijadikan objek wisata, seperti membangun penginapan dan menyiapkan fasilitas pendukung demi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ke wilayah itu.

"Ada lima rumah untuk penginapan wisata yang sudah kami bangun sebagai komitmen Pemerintah Distrik Warsa dalam mewujudkan Kampung wisata Biawer," kata Kepala Disrik Warsa Marthen Wompere, ketika dihubungi dari Biak, Jumat.

Ia mengakui untuk menata potensi wisata Kampung Biawer, pihaknya telah mengajukan berbagai program strategis Pemerintah Distrik Warsa kepada pihakĀ  Dinas Pariwisata.

Marten berharap keunggulan yang dimiliki kampung wisata Biawer diantaranya menjadi sentra berbagai jenis tanaman hias.

"Pengembangan kampung wisata Biawwer sangat startegis karena didukung dengan potensi sumber daya alam dan masyarakat pemilik hak ulayat," katanya.

Marthen berharap dengan konsep kampung wisata yang ditawarkan pemerintah akan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat adat lokal serta pemerintahan kampung/desa Biawer.

"Saat ini dengan warga kampung wisata Bawer terus memperbaiki sarana prasana penunjang desa sehingga menjadi sektor unggulan pariwisata Biak Numfor," ujarnya.

Distrik Warsa merupakan salah satu dari lima distrik yang berada di wilayah pantai utara Pulau Biak. Empat distrik lainnya yakni Distrik Biak Timur, Yawosi, Andey, dan Distrik Bondifuar.

Kelima distrik itu berada di pinggiran lautan Pasifik, yang mempunyai potensi di sektor perikanan laut, pariwisata dan perkebunan .

Wilayah Distrik Warsa terdiri dari 20 pemerintah kampung yang sesuai kondisi geografis, memiliki potensi di sektor pariwisata dan perkebunan/ pertanian. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024