Biak (Antaranews Papua) - Kalangan warga Biak Numfor, Papua, berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan guna mempertahankan citra kota Biak bersih dan nyaman.

"'Aksi lihat sampah angkut' yang diintensifkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Biak Numfor tidak hanya menjadi kegiatan seremonial untuk memperingati hari sampah nasional tetapi kebiasan menjaga kebersihan harus menjadi kesadaran setiap warga," kata Pelaksana harian Bupati Biak Markus Oktovianus Mansnembra di Biak, Senin.

Markus mengatakan dengan adanya partisipasi nyata masyarakat Biak Numfor dalam menjaga kebersihan lingkungan maka akan menjadi sehat dan terbebas dari berbagai penyakit.

Gerakan sosial masyarakat mengangkut sampah, menurut Markus Mansnembra, bisa memberikan contoh untuk masyarakat lain di Kabupaten Biak Numfor.

"Kepedulian semua warga Biak untuk menjaga lingkungan tempat tinggal bersih dan sehat menjadi harapan pemerintah serta kepala keluarga," ujarnya.

Aksi lihat sampah angkut merupakan aksi sosial sebagai bentuk nyata masyarakat Biak Numfor dalam mempertahankan wajah kota Biak bersih, sehat dan nyaman.

Terkait dengan penilaian tim Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menurut Markus Mansnembra, hal itu sudah menjadi agenda pemerintah sehingga warga Biak, para elemen, dunia usaha dan jajaran TNI/Polri harus mendukung penilaian tim Adipura 2018.

Sejauh ini, puluhan kendaraan angkut sampah dan komunitas motor roda tiga pengangkut sampah tetap beraktivitas mengangkut limbah sampah rumah tangga dan pasar.

Sejak pukul 05.00 pagi para tenaga relawan dan petugas harian kepas kebersihan telah membersihkan sampah di berbagai ruas jalan dan permukiman warga Biak. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024