Jayapura (Antaranews Papua) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Beatrix Wanane mengatakan semua kandidat kepala daerah di tujuh kabupaten dan Provinsi Papua akan mengikuti deklarasi kampanye damai di Kota Jayapura, yang dijadwalkan Sabtu (24/2).

"Semua kandidat kepala daerah dari tujuh kabupaten dan dua kandidat gubernur kami panggil, akan ikuti kampanye deklarasi damai di Halaman Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura," kata Beatrix Wanane yang akrab disapa Mama Bet di Jayapura, Jumat.

Menurut dia, deklarasi kampanye pilkada damai harus dilakukan sebelum melaksanakan kampanye di masing-masing kabupaten dengan harapan para kandidat kepala dearah bisa berkomitmen untuk menyelenggarakan kampanye yang aman dan damai jauh dari konflik.

"Jadi para kandidat bupati dan gubernur mereka akan menyiapkan massanya pada saat deklarasi kampanye damai yang diawali dengan pawai kendaraan dari Buper Waena menuju pusat Kota Jayapura," katanya.

Pada pawai kendaraan, kata Mama Bet, akan dibatasi dalam hal jumlah kendaraan dan jenisnya, dimana kendaraan roda dua tidak diperbolehkan, hanya kendaraan roda empat beserta atribut partai pengusung atau pun hiasan lainnya yang berslogan damai.

"Masing-masing kandidat hanya diperbolehkan menggunakan kendaraan roda empat sebanyak 50 unit, dengan rute Buper Waena, Abepura, Entrop, Angkasa dan Dok IX hingga finis di kantor gubernur. Jadi, awalnya itu dua kandidat gubernur yang akan star duluan baru para kandidat bupati dari tujuh kabupetan mengikuti dari belakang," katanya.

Mama Bet meminta agar para penghubung masing-masing kandidat untuk berkoordinasi dengan KPU agar pelaksanaan deklarasi kampanye damai bisa berlangsung aman dan lancar, karena akan dihadiri oleh komisioner KPU pusat. (*)

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024