Jayapura (Antaranews Papua)  - Pejabat Sementara Gubernur Papua Soedarmo disambut secara adat ketika menginjakkan kaki di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (27/2) pagi sekitar pukul 06.25 WIT. 

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu didampingi istrinya langsung dijemput oleh Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Mananwir Babe Yan Pieter Yarangga, didampingi Plt Ketua I DAP Weynand Watori, Ketua DAP I wilayah Mamta Zadrak Taime, Sekretaris Adat Mamta Irenius Pepuho, dan Kabid Kerohanian DAP Mamta Ondo Abihud Yakadewa diringi tari-tarian penyambutan dan tifa.

Soedarmo yang pernah menjabat sebagau Plt Gubernur Aceh itu ketika turun dari anak tangga gerbarata Bandara Sentani diarahkan untuk menginjakkan kaki di piring batu, sebagai tanda selamat datang di Bumi Cenderawasih.

Nampak ketua penjemputan Marthinus Werimon ikut mendampingi Penjabat Sementara Gubernur Papua untuk mengikuti prosesi adat, mulai dari injak piring, pengalungan bunga selamat datang dan noken, serta ikat kepala dari bulu kasuari.

Setelah itu, Soedarmo bersama istri dan rombongan berjalan menuju ruang VIP diiringi tari-tarian penyambutan dan bunyi pukulan tifa. Di depan ruang VIP, kelompok penari lain langsung menyambut Pjs Gubernur Papua itu dengan tarian yang tak kalah menarik.

Pjs Gubernur Papua Soedarmo (kanan) saat dipasangkan ikat kepala oleh Ketua DAP Mananwir Beba Yan Pieter Yarangga ketika tiba di bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (27/2) (Foto: Antaranews Papua/Alfian Rumagit) (Foto: Antaranews Papua/Alfian Rumagit/)
Di ruang VIP, Penjabat Sementara Gubernur Papua disambut oleh Asisten Bidang Umum Setda Provinsi Papua Elysa Auri, sejumlah kepala dan sekretaris OPD di antaranya Sekretaris Dinas Kesehatan dr Silwanus Sumule, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf Nova Ismiliyanto dan pejabat di lingkup Pemprov Papua.

"Pak Penjabat Sementara Gubernur Papua akan ke ruang VIP, istirahat sejenak, paling bertemu dengan tokoh adat Papua, setelah itu ke Kota Jayapura," kata Ketua penjemputan Marthinus Werimon didampingi Yasmin Dian Wasaraka. (*)

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024