Biak (Antaranews Papua) - Polres Biak Numfor, Papua memberikan pengamanan khusus kepada komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) sebagai penyelenggara Pilkada 2018.

"Pengamanan bagi penyelenggara pilkada serentak untuk memberikan rasa aman bagi komisioner selama menjalankan tahapan pilkada serentak 2018 di wilayah hukum Polres Biak Numfor," kata Kapolres Biak AKBP Rachmad Amsori di Biak, Rabu.

Ia mengakui dengan adanya penempatan pengamanan di setiap komisioner KPU dan Panwaslu diharapkan dapat menjamin kenyamanan komisioner untuk menjalankan tahapan pilkada secara demokrasi, berintegritas dan bermatabat sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Setiap komisioner KPU dan Panwaslu kami berikan satu personel pengamanan khusus Polres, ya petugas pengamanan yang ditempatkan bersikap profesional sebagai anggota Polri," katanya.

Rachmad mengatakan lama waktu pengamanan khusus bagi komisioner dan tiga paslon akan dilakukan hingga penetapan hasil calon terpilih bupati dan wakil bupati pilkada serentak 2018.

Dengan adanya pengamanan khusus diberikan jajaran Polres Biak, menurut AKBP Rachmad, maka setiap aktivitas komisioner penyelenggara pilkada dapat terjaga keamanannya dengan baik.

"Saya harapkan petugas pengamanan melekat Polres yang ditugaskan mengawal tiga pasangan calon dan komisioner KPU dan Panwaslu tetap menjaga netralitas serta profesional mengamankan tahapan pilkada serentak secara demokrasi, damai dan kondusif," kata Rachmad.

Ketua KPU Biak Jackson S Maryen mengakui penempatan pengamanan khusus diberikan Polres Biak Numfor dapat mendukung kelancaran penyelenggaraan tahapan pilkada serentak 2018.

"Saya berterima kasih dengan Kapolres AKBP Rachmad Amsori yang sudah memberikan pengamanan khusus untuk komisioner KPU Biak," ujarnya. (*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024