Merauke (Antaranews Papua) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Povinsi Papua mendorong pemerintah daerah setempat untuk mengembangkan sektor pariwisata agar perkembangan perekonomian setempat bisa lebih ditingkatkan.

Deputi Kepala KPw BI Papua, Fauzan, dalam kegiatan Desminasi Kajian Ekonomi dan keuangan Regional Kabupaten Merauke menjelaskan perekonomian di Merauke tumbuh cukup baik dengan sektor perdagangan dan pertanian yang menjadi penggerak utama.

Menurut dia, dalam masukan-masukan yang diberikan para stakeholder yang ada di Merauke, disarankan agar sektor pariwisata perlu mendapat perhatian lebih karena potensinya yang cukup bagus.

"Salah satu potensi yang perlu digali adalah sektor pariwisata, ini sejalan dengan rekomendasi yang dikeluarkan BI dalam upaya mengurangi ketergantungan dari sektor tambang maka kita cari sumber-sumber pendapatan baru, salah satunya dari sektor pariwisata," ujarnya.

Merauke sebagai salah satu kabupaten yang ditetapkan menjadi daerah lumbung padi nasional dipandang mampu menjadi pemicu untuk mengurangi ketergantungan Papua terhadap sektor pertambangan.

Menurut dia, Merauke sudah berhasil surplus beras dan diharapkan produksinya bisa ddistribusikan ke kabupaten lain di Provinsi Papua.

Ia menekankan hasil desiminasi yang dilakukan BI akan didistribusikan epada setiap pemangku kepentingan dan juga bisa diakses oleh masyarakat umum melalui halaman daring yang dimiliki BI.

"Desiminasi ini adalah tugas kita untuk menyampaikan berbagai pandangan mengenai kebijakan-kebijakan pemerintah daerah untuk bagaimana mengambil kebijakan yang lebih efektif dan efisien," katanya.(*)

Pewarta : Dhias Suwandi
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024