Jayapura (Antaranews Papua) - Maskapai penerbangan Associated Mission Aviation (AMA) menjalin kerja sama subsidi penerbangan dengan empat pemerintah kabupaten, yakni Yalimo, Pegunungan Bintang, Boven Digoel (Provinsi Papua) dan Teluk Bintuni(Provinsi Papua Barat).

Direktur AMA Djarot Soetanto di Jayapura, Kamis, menjelaskan kerja sama dengan Kabupaten Yalimo untuk mengangkut petugas kesehatan dan guru yang bertugas di wilayah pedalaman Yalimo.

Jika mereka liburan, katanya, bisa diangkut dengan pesawat ke ibu kota kabupaten, lalu kembalinya juga diantar ke tempat tugas.

"Itu yang diatur oleh Pemkab Yalimo di samping kalau keperluan dinas, para pejabat Pemkab Yalimo bisa diangkut dari Yalimo ke Wamena, ke Jayapura, dan kabupaten lainnya di wilayah pegunungan Papua," ujarnya.

Kerja sama subsidi dengan Kabupaten Bintuni, Papua Barat, yakni untuk masyarakat Kampung Mesna Moyeba yang hingga kini belum ada jalan.

"Untuk masyarakat diberikan subsidi dan mereka atur sendiri. Tetapi kontraktor dikenakan biaya tidak bisa dikenakan subsidi walaupun kontraktornya untuk masyarakat setempat, demikian juga pengangkutan semen tidak dikenakan subsidi, semen dan bahan bangunan lainnya ini diangkut dari Jayapura ke Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel," katanya

Kerja sama maskapai itu dengan Bulog Divisi Regional (Divre) Papua dan Papua Barat untuk pelaksanaan program beras masyarakat sejahtera (rastra)

"AMA dengan Bulog ada kerja sama untuk mengangkut beras rastra dulu beras miskin (raskin). Kita mengangkut dari sini ke pedalaman Kabupaten Pegunungan Bintang dan ke pedalaman Kabupaten Keerom," katanya.

Di Manokwari, Provinsi Papua Barat, tambah dia, kerja sama dengan Bulog lebih khusus di Kampung Mesba dan Muyiba untuk mengangkut beras rastra. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024