Jayapura (Antaranews Papua) - Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat mengunjungi Provinsi Papua untuk membahas beberapa tawaran kerja sama antarkedua wilayah.

Kedatangan Duta Besar India tersebut diterima langsung oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty di ruang kerjanya.

"Ini pertama kalinya kami bertemu dengan Pemerintah Provinsi Papua untuk membahas kerja sama ekonomi, pembangunan kapasitas kebudayaan, pengembangan keterampilan hingga teknologi pendidikan," kata Pradeep kepada Antara di Jayapura, Kamis.

Menurut Pradeep, dalam pertemuan awal ini juga dibahas mengenai pengembangan sumber daya manusia Papua di mana akan dilanjutkan dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya.

Senada dengan Pradeep Kumar Rawat, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty mengatakan pihaknya berharap tawaran kerja sama ini nantinya dapat ditindaklanjuti.

"Pihak Kedutaan India juga berharap ada waktu untuk duduk bersama agar dapat membahas kesepakatan dalam hal pendirian pusat pelatihan dan lain sebagainya," ujar Elia.

Dia menambahkan tawaran kerja sama dari India ini baru pertama kalinya dan hal ini merupakan hal yang bagus karena India memiliki kelebihan dalam pengembangan informatika yang dapat dimanfaatkan bagi kelancaran informasi dan komunikasi masyarakat Papua di daerah-daerah.

"Jarang sekali pihak kedutaan menawarkan hal-hal seperti ini sehingga harus dimanfaatkan dengan baik untuk masyarakat Papua," katanya.(*)

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024