Biak (Antaranews Papua) - Program prioritas pekerjaan fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang akan dimulai 28 Maret 2018 di Kampung Wandos, Distrik Bondifuar, Kabupaten Biak Numfor, Papua mengerjakan pembangunan 25 unit rumah hunian layak bagi warga setempat.

Komandan Kodim 1708 Biak Letkol Inf DC Soumokil dihubungi di Biak, Minggu mengatakan pekerjaan fisik pembangunan rumah hunian warga pada pelaksanaan TMMD 2018 di Kampung Wandos mendapat dukungan penuh dari Pemkab Biak Numfor.

Ia mengakui pelaksanaan TMMD di Kabupaten Biak Numfor akan mengerahkan sebanyak 150 prajurit TNI serta instansi terkait di jajaran Pemkab Biak Numfor.

Dandim Biak Letkol Soumokil menyebutkan sesuai jadwal waktu pelaksanaan TMMD 2018 sesuai kalender kerja selama 30 hari kedepan.

Selain kegiatan fisik membangun rumah hunian, menurut Letkol Soumokil, penyelenggaraan TMMD 2018 juga akan melaksanakan kegiatan non fisik.

"Rumah hunian layak warga Kampung Wandos yang segera dibangun lewat program TMMD berukuran type 45 dengan atap plafon," ungkap Dandim 1708 Biak Letkol Soumokil.

Program non fisik itu, lanjutnya, menyangkut penyuluhan prilaku hidup sehat dan bersih, keluarga berencana, olahraga, pembinaan wawasan kebangsaan, pembinaan rohani dan kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

"Kegiatan TMMD akan mendekatkan kemanunggulan TNI dengan rakyat. Lewat program ini juga prajurit TNI dapat berbuat nyata untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan rumah tinggal," ujarnya.

Berdasarkan data Kampung Wandos distrik Bondifuar merupakan wilayah tapal batas antara Kabupaten Biak Numfor dan kabupaten pemekaran Supiori dengan dominan pekerjaan penduduk sebagai pekebun dan nelayan.(*)

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024