Jayapura (Antaranews Papua) - PT Telkom Wilayah Papua memastikan pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA di Papua berjalan lancar khususnya di kota dan kabupaten Jayapura.

"Kami bisa memastikan pelaksanaan UNBK tingkat SMA di Papua berlangsung lancar karena berbagai kesiapan sudah dilakukan setelah terputusnya kabel laut sejak Jumat malam (6/4) di perairan Sarmi," kata GM Telkom Papua Lonely Baringin Manaranap, kepada Antara di Jayapura, Minggu.

Ia mengatakan untuk memulihkan pelayanan termasuk menunjang kelancaran pelaksanaan UNBK SMA, maka Telkom sejak Sabtu (7/4) sekitar pukul 19.00 wit menggunakan radio IP dari Sarmi-Biak dengan kapasitas 1600 MBps.

Kapasitas 1600 MBps itu dialokasikan untuk sekolah-sekolah yang menggunakan akses Telkom dengan diberi kapasitas masing masing 3 MBps.

"Kabel laut Jayapura-Sarmi normal dan yang putus adalah Sarmi-Biak sehingga diaktifkan radio Sami-Biak hingga Sorong," ujarnya.

Sekretaris panitia ujian nasional Dinas Pendidikan dan Pengajaran Pemprov Papua Bedjo mengatakan dalam pelaksanaan UNBK tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 8 April 2018, sempat terjadi kendala akibat jaringan telekomunikasi yang mengalami gangguan.

Akibatnya, ada sekolah yang melaksanakan UNBK hingga pukul 18.00 WIT, yakni SMK Negeri 3 Kota Jayapura.

Bedjo mengatakan pelaksanaan UNBK untuk SMA dijadwalkan 9-12 April mendatang.

Sebanyak 117 sekolah tingkat SMA sederajat yang tersebar di 13 kabupaten dan kota di Papua siap melaksanakan UNBK dengan jumlah peserta 11.488 pelajar.

Kabupaten dan kota di Papua yang melaksanakan UNBK yaitu Kabupaten dan Kota Jayapura, Kabupaten Sarmi, Keerom, Jayawijaya, Mappi, Biak Numfor, Supiori,Kepulauan Yapen, Waropen, Mimika, Merauke dan Kabupaten Nabire (*)

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024