Jayapura (Antaranews Papua) - Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) X Papua Osman Marbun menyebut jika sesuai prediksi maka peresmian jembatan Holtekam bisa menjadi kado Natal bagi masyarakat Papua karena diperkirakan pengerjaannya selesai pada Desember 2018.

"Mudah-mudahan Jembatan Holtekam bisa jadi hadiah Natal buat masyarakat Papua, khususnya Jayapura," ujarnya di Jayapura, Sabtu.

Ia menjelaskan seluruh pengerjaan Jembatan Holtekam yang pendanaannya dari APBN, APBD Provinsi, dan APBD Kota, dikerjakan secara paralel sehingga prosesnya cukup cepat.

BBPJN X juga akan mengerjakan jalan yang menjadi akses ke jembatan tersebut dari arah Holtekam.

"Dari APBN tahun ini ada anggaran Rp200 miliar untuk penyelesaian jalan di Holtekam sepanjang 7,5 kilometer," kata dia.

Osman menyebut untuk pembangunan lengkung jembatan yang menjadi tanggung jawab BBPJN X, hingga kini progresnya sudah 96 persen.

Ia pun mengaku optimistis keinginan Presiden Joko Widodo supaya Jembatan Holtekam bisa fungsional pada akhir 2018 bisa terwujud.

Sebagai informasi, pada 12 April 2018, Presiden meninjau proyek pembangunan Jembatan Holtekam.

Pada kesempatan tersebut Presiden berharap pembangunan yang akan memotong jarak tempuh dari Kota Jayapura ke Muara Tami bisa mendorong munculnya kantung-kantung perekonomian baru. (*)

Pewarta : Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024