Wamena (Antaranews Papua) - Penjabat Sementara Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua, Doren Wakerkwa mengajak kaum wanita atau Kartini di wilayah itu terus mengembangkan potensi diri, sebab wanita memiliki kebebasan yang sama dengan kaum pria untuk berkembang dalam segala sektor.

Ajakan penjabat bupati itu disampaikan pada lomba baca puisi dan lomba `fashion show` yang diselenggarakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Jayawijaya, dalam rangka memperingati HUT R.A Kartini Ke-139 di Aula Ukumiarek Asso, Kamis.

"Saya mengajak kaum perempuan di Jayawijaya untuk terus belajar mengembangkan potensi diri, menabah wawasan dan berperan aktif untuk turut mendukung pembangunan di Kabupaten Jayawijaya," kata Doren dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Sekda Jayawijaya Yohanes Katoleg.

Ia mengajak kaum wanita melanjutkan cita-cita luhur yang dilakukan oleh R.A Kartini, yang sebentar lagi memasuki usia Ke-139 tahun pada 21 April 2018 mendatang.

"Kembangkan terus semangat ingin maju, ingat bahwa pendidikan dan pengetahuan untuk menambah wawasan sangat penting bagi seorang perempuan," katanya.

Walau mengajak perempuan terus mengembangkan potensinya, ia mengharapkan mereka tidak mengabaikan tugas utama sebagai seorang istri dan ibu bagi anak-anak.

"Peran kaum wanita dalam ikut serta mengembangkan diri tidak terlepas dari dukungan para suami. Diperluhkan toleransi dalam keluarga sehingga terdapat waktu yang dapat digunakan kaum ibu untuk mengembangkan keterampilan sehingga kualitas SDM kaum ibu dapat meningkat," katanya.

Ketua GOW Kabupaten Jayawijaya Yustina Yenny Banua mengajak kaum wanita Jayawijaya memanfaatkan peluang yang telah dirintis oleh R.A Kartini.

"Kartini membuka peluang bagi wanita sekarang untuk berkarya, tidak saja sebagai ibu rumah tangga, tetapi baik sebagai Menteri, penembak jitu bahkan penyelam yang mampu menyaingi kaum pria," katanya.

Istri wakil bupati Jayawijaya non-aktif itu mengatakan, emansipasi wanita yang telah diperjuangkan, menghendaki wanita untuk tampil ke depan dan dapat berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial.

"Saya harap perempuan mengembangkan potensi diri dengan cara melibatkan diri dan belajar dalam berbagai organisasi, sehingga menjadi wanita berprestasi dan luar biasa. Melalui lomba ini kiranya dapat merangsang semangat wanita untuk meningkatkan kemampuan diri dan berkompetensi secara sehat," katanya. (*)

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024