Jayapura (Antaranews Papua) - Manajemen PT Telkom Wilayah Papua menjamin pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 175 sekolah akan berlangsung lancar.

"Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya sehingga tidak terjadi gangguan telekomunikasi saat pelaksanaan UNBK SMP pada 23-26 April 2018," kata GM Telkom Papua Lonely Barangin Mangaranap di Jayapura, Minggu.

Ia mengatakan 175 sekolah setingkat SMP itu tersebar di 12 kabupaten dan kota yakni Kota dan Kabupate Jayapura, Biak Numfor, Kepulauan Yapen, Merauke, Jayawijaya, Nabire,Mimika, Keerom, Sarmi,Supiori dan Kabupaten Waropen.

Petugas telkom sudah disiagakan untuk mengatasi bila terjadi gangguan selama pelaksanaan UNBK, kata Lonely seraya memastikan tidak ada sekolah yang melaksanakan UNBK dengan sistem offline.

Sementara itu, Sekretaris Panitia UN Dinas Pendidikan dan Pengajaran Papua Bedjo secara terpisah mengatakan, UNBK tingkat SMP dan sekolah sederajat akan diikuti 16.319 pelajar dari 175 sekolah.

Seluruh persiapan sudah disiapkan semaksimal mungkin baik termasuk masalah telekomunikasi (internet) dan listrik.

"Mudah-mudahan tidak ada masalah yang berarti sehingga pelaksanaan UNBK tingkat SMP dapat berlangsung lancar," harap Bedjo.

UNBK akan berlangsung dari 23-26 April dengan menguji empat mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. (*)

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024