Sentani (Antaranews Papua) - Kepolisian Sektor (Polsek) Depapre menyosialisasikan pesan-pesan kamtibmas melalui program "Public Address" dengan menggunakan mobil patroli Polsek setempat di Wilayah Distrik Depapre, Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Kapolsek Depapre Ipda Usriyanto ketika dikonfirmasi dari Sentani, Sabtu, mengatakan sosialisasi itu sudah dilakukan pada Jumat (27/4).

Menurut Usriyanto, maksud dan tujuan dilakukan sosialisasi menggunakan "Public Address" kepada masyarakat sekitar yakni untuk menjaga ketertiban maupun keamanan serta menjauhi segala bentuk narkoba yang dapat merusak baik kesehatan maupun masa depan penerus bangsa Indonesia.

Sasaran Sosialisasi pesan Kamtibmas melalui "Public Address" yaitu masyarakat yang sedang berada di pasar Depapre Kampung Waiya yang mana bertepatan dengan hari pasar di Distrik Depapre.

Penyampaian pesan kamtimtibmas melalui "Public Address" itu merupakan inovasi baru oleh Kapolres Jayapura, sehingga selain personilnya melaksanakan patroli mereka langsung menyampaikan menyosialisasikan pesan kamtibmas melalui public address.

Usriyanto menjelaskan bahwa ada beberapa pesan kamtibmas yang disampaikan melalui "Public Address", di antaranya memelihara dan menjaga Kamtibmas disekitar wilayah masing-masing.

Selanjutnya, selalu mematuhi peraturan lalui lintas yang berlaku seperti menggunakan helm standar dan memiliki surat ijin mengemudi serta surat kendaraan bermotor, menjauhi dan jangan sekali-kali mencoba segala bentuk narkoba jenis apapun.

"Dan jauhi minuman keras yang mana dari mengkonsumsi minuman keras dapat memicu gangguan kamtibmas dan sebagainya," katanya.

Ia menambahkan, dengan adanya himbauan-himbauan maupun sosialisasi pesan kamtibmas melalui "Public Address" diharapkan masyarakat lebih patuh hukum dan dapat bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayahnya masing-masing. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024