Timika (Antaranews Papua) - KONI Kabupaten Mimika, Provinsi Papua mengusulkan kepada Ketua Umum Panitia Besar PON XX tahun 2020 untuk menambahkan empat cabang olahraga untuk digelar di Timika.

Ketua harian KONI Kabupaten Mimika, Cessar A Tunya di Timika, Jumat mengatakan permintaan untuk penambahan empat cabang olahraga yang akan ditandingkan di Timika telah disampaikan secara resmi melalui surat yang ditujukan kepada Ketua Umum PB PON XX, Gubernur Lukas Enembe.

Hanya saja KONI Mimika belum menerima balasan terkait dengan surat permohonan tersebut.

Cessar mengatakan sebelumnya, PB PON XX telah menyetujui penyelenggara lima cabang olahraga pada PON tahun 2020 di Mimika yaitu atletik, basket, golf, sepak bola dan futsal.

Namun berdasarkan rapat koordinasi antara Bupati Mimika, Sekda dan KONI Mimika pada 13 April 2018 dengan mempertimbangkan ketersediaan waktu dan tempat untuk pelaksanaan empat cabang olahraga termasuk kesediaan pemkab Mimika untuk membangun arena bagi empat cabang olahraga yang dimaksud maka KONI mengusulkan penambahan empat cabang olahraga.

Empat cabang olahraga yang baru diusulkan tersebut antara lain, biliar, muathai, tenis meja, dan taekwondo.

Cessar juga mengatakan secara umum kesiapan arena untuk penyelenggaraan PON XX di Mimika telah mencapai 60 persen. Ia berharap agar kedepannya Sub PB PON cluster Mimika segera bekerja dengan meningkatkan koordinasi masing-masing bidang yang ada. (*)

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024