Timika (Antaranews Papua) - Kodim 1710/Mimika berupaya menanamkan mental bela negara kepada kaum muda di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, agar nilai-nilai nasionalisme senantiasi terpatri dalam diri generasi muda penerus bangsa.

Upaya Kodim Mimika itu diwujudkan dalam bentuk Wisata Matematika Bela Negara yang melibatkan siswa-siswi SMPN 4 Timika, pada Jumat (25/5).

Kegiatan yang terpusat di Markas Kodim Mimika itu diawali dengan penyajian materi Supra Rasional tentang bela negara, yang disampaikan oleh Danramil 1710-01/Kokonao Kapten Inf Rustam Pauwah.

Siswa-siswi tampak antusias mengikuti pemaparan dari Kapten Inf Rustam dan aktif dalam sesi tanya jawab.

Selanjutnya, materi Permainan Matematika Bela Negara (PMBN) yang disajikan Pasiter Kodim 1710/Mimika Lettu Inf Muh Zaini.  

Semua peserta terlibat dalam kuis-kuis kecil yang dibalut dalam permainan matematika yang menyenangkan.

Setelah itu, digelar "outbound" diantaranya materi permadani terbang, tongkat estafet, water estafet, bola tali dan bulldozer.

Semua kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melatih psikologi para peserta agar senantiasa bisa kompak dalam bekerja sama.

Semua peserta tampak larut dalam kegiatan tersebut disertai beragam ekspresi kegembiraan.

Pihak SMPN 4 Timika menyatakan senang dengan adanya kegiatan positif itu, dan para peserta pun mengharapkan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan lagi dengan melibatkan banyak sekolah sehingga kekompakan tidak hanya terbangun dalam lingkup sekolah saja namun juga antar sekolah.

Kegiatan penanaman mental bela negara itu diakhiri dengan buka puasa bersamadi Masjid Al Askar Kodim 1710/Mimika. (*/adv)

Pewarta : Anwar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024