Jayapura (Antaranews Papua) - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Youwari, Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, berkomitmen untuk segera meraih akreditasi atas pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukkan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Darwin Kristian Rumbiak di Jayapura, Senin, mengatakan pada Senin (14/5) ia mewakili Kepala Dinkes Papua menghadiri momentum kesepakatan akreditasi RSUD Youwari.

"Tim RSUD Youwari yang terdiri dari direktur, para medis dan penunjang medis, mereka sepakat untuk harus mendorong akreditasi rumah sakit itu ditahun ini," katanya.

Hal itu, kata dia, sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bahwa pada 2019 seluruh puskesmas dan rumah sakit di tanah air sudah harus terakreditasi.

Oleh sebab itu, kata dia, komitmen itu dibangun secara bersama-sama dan pihak rumah sakit mengundang pemerintah daerah setempat dalam hal ini Bupati Jayapura Matius Awaitouw dan direspons secara positif.

Turut hadir dalam kegiatan kesepakatan itu Sekda Kabupaten Jayapura dan para Asisten serta beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup pemerintahan Kabupaten Jayapura.

"Itu merupakan bukti nyata keseriusan dari Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk melihat betapa pentingnya akreditasi itu," ujarnya.

Darwin menjelaskan akreditasi itu penting karena untuk menopang pelayanan yang lebih maksimal kepada orang asli Papua secara khusus tapi juga umumnya untuk masyarakat yang berada di kabupaten tersebut.

Akreditasi juga merupakan suatu standar prosedur pelayanan yang ditetapkan oleh Kemenkes untuk menunjang pelayanan tapi juga mutu rumah sakit itu.

"Ketika rumah sakit itu terakreditasi maka sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit itu akan dibenahi dan diperbaiki untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan kedepan," tambah Darwin. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024