Jayapura (Antaranews Papua) -  Gudang penyimpanan arsip atau bekas Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang terletak di belakang Kantor Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, yang satu kompleks dengan Kantor Bupati Jayawijaya di jalan Yos Sudarso, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, terbakar pada Selasa (29/5) yang mengakibatkan 11 unit bangunan habis terbakar.

Api sempat merambat ke gedung baru namun diketahui oleh anggota Satpol PP yang sedang jaga malam sekitar pukul 01.50 WIT.

Kobaran api terlihat di atas atap gudang arsip, di belakang Kantor Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah.

Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Peter Reba ketika dikonfirmasi dari Jayapura, mengatakan seorang anggota Satpol PP dengan segala upaya memberi tahu kepada rekan-rekan lainnya yang sedang berjaga dan berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya, serta mengeluarkan barang-barang yang ada dari dalam gudang.

"Hingga pukul Pukul 02.10 WIT api mulai membesar sehingga anggota Satpol PP Pemda Jayawijaya segera melaporkan kejadian tersebut kepada Dinas pemadam kebakaran," katanya.

Menurut dia, permintaan bantuan langsung direspons dengan mengirimkan dua unit truk pemadam kebakaran hingga api berhasil dipadamkan.

"Kerugian yang dialami untuk sementara personel tidak ada sedangkan kerugian materiil 11 Unit Bangunan Gudang Arsip (bekas Kantor PU ) 90 persen habis terbakar," katanya.

Yan Peter mengatakan hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab terbakarnya gudang arsip namun pihak Polres Jayawijaya akan melakukan penyelidikan guna mengetahui secara jelas penyebab kebakaran gedung tersebut. (*)

Pewarta : Wawan
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024