Jayapura (Antaranews Papua) - Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua bersama mitra kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura dan Biddokes Polda Papua, memantau sekaligus inpeksi mendadak ke sejumlah titik posko pelayanan kesehatan, rumah sakit, klinik, dan puskesmas guna pelayanan kesehatan selama Lebaran 2018.

Tim dipimpin langsung oleh Kadinkes Papua Aloysius Giyai didampingi Kabiddokes Polda Papua.

"Kami jajaran Dinkes Papua punya tugas dan tanggung jawab untuk melakukan inpeksi mendadak (sidak) di pos-pos darurat kesehatan dalam rangka hari raya Lebaran 2018," kata Kadinkes Papua Aloysius Giyai di Jayapura, Selasa.

Untuk itu, menurut Aloysius, Dinkes Papua beserta mitra Dinkes Papua Yakni Dokkes Polda Papua, Kasdam, Angkatan Laut, Angkatan Udara, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura, Balai POM akan melakukan sidak bersama.

Pemantauan langsung dilapangan guna mengecek kesiapan posko kesehatan dalam rangka pengamanan serta pelayanan kesehatan selama Lebaran tahun ini.

Selain posko, kata dia, pemantauan juga dilakukan ke puskesmas-puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota Jayapura.

Pemantauan dimulai dari RSUD Youwari di Sentani, Kabupaten Jayapura, klinik Angakatan Udara Sentani, posko pelayanan kesehatan Bandara Sentani, Puskesmas Sentani Kota.

Selanjutnya, Puskesmas Hedam Abepura, RSUD Abepura, RS Bhayangkara, RSUD Jayapura, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Papua, posko kesehatan pelabuhan Jayapura.

Kemudian, pemantauan berakhir di klinik dan pos pelayanan kesehatan di kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw, Kota Jayapura.

"Sejumlah posko pelayanan kesehatan serta rumah sakit dan puskesmas yang didatangi di bawah pengawasan Dinkes Papua," ujarnya.

Inspeksi mendadak ini dilakukan guna memastikan keamanan terkait hal-hal yang sifatnya emergensi, penanganan kesehatan selama Lebaran.

"Kami selaku penanggung jawab kesehatan kita harus pastikan bahwa pelayanan kesehatan aman atau posko kesehatan siaga 24 jam selama Lebaran," ujarnya.

Sebagai penanggung jawab kesehatan juga harus memastika bahwa pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama Lebaran harus aman.

Pemantauan ini juga memastikan apakah puskesmas dan rumah sakit serta posko pelayanan kesehata jalan sesuai dengan imbauan Kadinkes Papua, sudah siap atau belum.

"Jika belum siap, masih ada satu dua hari waktunya mudik itu masih bisa di antisipasi," ujarnya.

Dari pantauan di beberapa titik, tambah Aloysius, pihaknya bangga dengan aparatur kesehatan yang berada di Lapangan bahwa mereka benar-benar siaga melayani kesehatan selama bulan suci ramadhan tahun ini. (*)

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024