Moskow (Antaranews Papua/Reuters) - Tim tuan rumah Rusia mengamuk dan menghancurkan Arab Saudi dengan skor 5-0 pada pertandingan pembukaan Piala Dunia 2018, pada Kamis.

Rusia akhirnya dapat bermain lepas setelah setahun lamanya hanya menjalani pertandingan-pertandingan persahabatan.

Rusia menampilkan penampilan penuh adrenalin di depan publik Luzhniki yang berkapasitas 80.000 orang, yang juga termasuk Presiden Vladimir Putin dan putra mahkota Arab Saudi.

Arab Saudi, yang berada tiga posisi di atas Rusia pada urutan ke-67 dalam daftar peringkat dunia, memainkan sepak bola yang rapat dan bagus, namun mereka tidak mampu menandingi energi atau semangat juang Rusia.

Luzhniki bergemuruh saat pertandingan baru memasuki menit ke-12 ketika Yury Gazinski menanduk bola untuk menjadi gol pembukaan. Hal yang lebih baik lagi, di mana warga Rusia mendambakan kebangkitan sepak bola mereka di liga domestik yang secara keuangan kaya namun memiliki kualitas yang buruk, umpan silang yang berujung pada gol pembukaan turnamen ini dikirimkan oleh pemain 22 tahun dari CSKA Moscow Aleksandr Golovin.

Potensi kepindahannya ke Juventus telah menimbulkan kegembiraan di kampung halamannya pada pekan ini, setelah tahun-tahun di mana klub-klub terbaik Eropa hampir mengabaikan sama sekali talenta dari Rusia.

Denis Cheryshev memperlihatkan kepiawannya untuk menggandakan keunggulan tuan rumah sebelum turun minum melalui sepakan kaki kiri, dan Artem Dzyuba menanduk bola untuk menjadi gol ketiga Rusia pada menit ke-71 -- 89 detik setelah ia dimasukkan sebagai pemain pengganti.

Cheryshev dan Golovin menambah sumbangan gol pada fase akhir pertandingan, Golovin melalui tendangan bebas, untuk melengkapi penderitaan tim tamu.

Mesir dan Uruguay akan memainkan pertandingan kedua Grup A di Yekaterinburg pada Jumat (15/6). (*)

Pewarta : H-RF/A.R.A Adipati/I. Suhirwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024