Kuala Lumpur (Antaranews Papua) - Mercy Malaysia segera mendistribusikan sejumlah kebutuhan senilai RM40.000 untuk 1.000 korban dari gempa bumi dengan skala 6,4 SR di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7).

"Bantuan-bantuan ini akan didistribusikan dari pusat evakuasi di Desa Sembalon dekat dengan wilayah Kecamatan Sembalon," ujar pengurus Mercy Malaysia, Norazam Ab Samah di Kuala Lumpur, Rabu.

Dia mengatakan jumlah orang yang terdampak terkena musibah bertambah setelah tim berhasil mendapatkan akses ke banyak desa.

Tim kami terdiri empat orang akan membantu mendistribusikan bekerjasama dengan mitra lokal selama satu Minggu," katanya.

Dia mengatakan Mercy memerlukan sekurang-kurangnya RM250.000 untuk memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak gempa.

Pendaki asal Malaysia Siti Nur Iesmawida Ismail yang meninggal dunia di Gunung Rinjani telah tiba di Kuala Lumpur, Selasa malam pukul 18.57 dan dimakamkan di Batu Muda, Batu Caves, Selangor.

Sementara itu, pimpinan Tim Mercy untuk korban banjir di Laos, Ahmad Faezal Mohamed mengatakan lima orang anggota tim akan ke Rumah Sakit Attapeu selama kurang lebih dua Minggu.

"Klinik mobil pertama akan mulai menggunakan tenda setelah pusat evakuasi penuh sesak. Tim medis kami akan menyediakan pengobatan untuk inveksi pernafasan akut, sakit otot, sakit kulit dan penyakit kronik," katanya.

Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024