Timika (Antaranews Papua) - Masyarakat Kabupaten Mimika, Provinsi Papua mengirimkan bantuan untuk meringankan beban derita yang dialami warga Lombak, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang tertimpa bencana alam gempa bumi.

Ketua Majelis Ulama Indonesia(MUI) Mimika, Ustadz Amin AR di Timika, Selasa, mengatakan total dana yang terkumpul dalam kegiatan `Mimika Peduli Lombok` sebesar Rp108.919.046.

"Ini sumbangan dari seluruh masyarakat Kabupaten Mimika tanpa terkecuali melalui penggalangan dana di jalan-jalan, masjid-masjid, sekolah-sekolah, yayasan, dan perorangan," katanya.

Ia mengatakan pengumpulan sumbangan `Mimika Peduli Lombok` jilid pertama hanya berlangsung selama tiga hari.

Dana sumbangan yang terkumpul itu langsung diserahkan ke Badan Amil Zakat (BAZ) Mimika dan selanjutnya ditransfer ke Lombok untuk membantu warga yang mengalami musibah bencana gempa bumi.

"Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu di Timika, kami bersyukur bisa mengumpulkan sumbangan untuk membantu saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang mengalami musibah di Lombok Timur dan Lombok Utara," kata Ustadz Amin.

Ketua BAZ Mimika Umar Habib mengatakan sesuai informasi yang diterima dari tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) yang berada di Lombok, para pengungsi di Lombok kini sangat membutuhkan makanan siap saji, air mineral, terpal untuk tenda, alas tidur, selimut, matras, perlengkapan bayi, dan sarana pendukung lainnya.

Sebagian besar warga Lombok, terutama di Lombok Utara kini hidup di tenda-tenda darurat lantaran rumah-rumah mereka telah hancur akibat gempa bumi dahsyat berkekuatan 7 SR pada Minggu (5/8).

"Masih banyak masyarakat di sana yang membutuhkan bantuan. Ini menjadi keprihatinan kita semua sebagai sesama anak bangsa," kata Umar.

Ketua Kerukunan Keluarga NTB Mimika, Chaerullah mengapresiasi partisipasi seluruh umat muslim dan warga Mimika umumnya dalam memberikan sumbangan untuk meringankan derita warga yang tertimpa bencana di Pulau Lombok.

"Penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada MUI Mimika, BAZ Mimika yang telah menginisiasi kegiatan penggalangan dana Mimika Peduli Lombok ini. Demikian pula dengan tim relawan yang dikoordinir oleh Ikatan Keluarga Bima Dompu Mimika (IKBDM), Ikatan Keluarga Lombok (IKL) dan Keluarga Arema atas kerja keras mereka, kami menyampaikan terima kasih," kata Chaerullah.

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024