Jayapura (Antaranews Papua) - Manajemen PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua menggelar program "Pertamina Energi Negeri III" di SD Inpres Ardipura III, Kota Jayapura, untuk menyebarkan semangat positif kepada para siswa agar semakin terpacu untuk belajar.

Plh General Manager Pertamina MOR VIII Fanda Chrismianto, di Jayapura, Senin, menjelaskan dalam program tersebut, selama satu hari, para pekerja Pertamina yang menjadi relawan meluangkan waktu untuk berpartisipasi dan berinteraksi langsung dengan dunia pendidikan sebagai wujud konkrit kepedulian sosial mereka.

Pertamina Energi Negeri tahun ini mengambil tema "Menyatukan Energi Mendukung Literasi", sebagai bentuk kontribusi langsung kepada masyarakat untuk berbagai pengetahuan khususnya membaca, menjelang Hari Literasi lnternasional.

"Relawan pengajar Pertamina memberikan materi tentang keprofesian/cita-cita dan tata nilai 6C Pertamina yang dapat diaplikasikan secara universal, yaitu bersih (Clean), berani (Competitive), percaya diri (Confident), peduli (Customer Focus), Kreatif (Commercial) dan Pandai (Capable)," katanya.

Fanda mengungkapkan dalam momen tersebut Pertamina juga menyerahkan bantuan berupa 310 pasang sepatu untuk para siswa dan beberapa meobeleur untuk membantu proses belajar mengajar di SD Inpres Adipura III.

Secara nasional, kegiatan mengajar ini merupakan tahun ketiga yang dikemas melalui program Pertamina Energi?Negeri (PEN), dengan melibatkan 1.435 pekerja dari Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Unit Operasi dan Anak perusahaan dari berbagai tingkat jabatan.

Para relawan mengajar, mendokumentasikan seluruh kegiatan yang berlangsung secara serentak di 17 lokasi, yakni di??Aceh, Medan, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Prabumulih, Palembang, Jakarta, Balongan (Indramayu), Cilacap, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Tanjung, Makassar, Jayapura dan Kasim.

Adapun total sekolah yang dijangkau sebanyak 63 Sekolah Dasar yang berda di sekitar wilayah Operasi Pertamina.

Sementara Wakil Kepala Sekolah SD Inpres Ardipura III, Habel Rumere menyampaikan apresiasinya kepada Pertamina yang merupakan pihak pertama yang memberikan bantuan kepada sekolah tersebut.

Menurut dia, ada banyak hal yang dibutuhkan oleh sekolah, tetapi bantuan yang diberikan Pertamina dianggapnya sudah ?sangat disyukuri dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Pewarta : Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024