Wamena (Antaranews Papua) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, memberi pembekalan pengunaan teknologi pertanian tepat guna bagi sejumlah aparat kampung di wilayah tersebut.

Asisten II Sekda Jayawijaya Yohanes Katoleng saat membuka pelatihan yang berlangsung di Aula Gedung Sekolah Minggu Betlehem Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Selasa, mengatakan masyarakat kampung sepenuhnya tergantung pada sektor pertanian sehingga perlu dibekali teknologi untuk menunjang mereka.

Ia mengharapkan dinas-dinas terkait membangun koordinasi untuk mendorong kemajuan perekonomian di kampung melalui pemanfaatan lahan pertanian yang ada.

"Keberhasialan pertanian tentu akan mengangkat percepatan peningkatan ekonomi masyarakat pedesaan dan berdampak untuk mendorong sektor lain," katanya.

Karena teknologi memudahkan petani dalam mengelola lahan pertanian, pelatihan terhadap teknologi mutlak diperlukan untuk menambah wasan, sekaligus keterampilan agar lebih produktif.

"Masyarakat sebagai subjek pembangunan harus mampu menunjukan peran aktifnya dalam mendukung kegiatan pembangunan di kampung, terlebih di Kabupaten Jayawijaya," katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Jayawijaya Lenensya Manuputty mengharapkan pelatihan yang dilakukan mampu menambah kemampuan masyarakat dalam mengelola sumber daya alam di kampung masing-masing.

"Pelatihan ini dapat mendukung kesejahteraan keluarga, guna mewujudkan pembangunan Jayawijaya," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024