Wamena (Antaranews Papua) - Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua berharap masyarakat termasuk Aparat Sipil Negara (ASN) bisa rutin memeriksakan kesehatannya sehingga bisa dideteksi secara dini adanya potensi penyakit.

"Kami berharap Aparat Sipil Negara (ASN) dan warga rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, mungkin setiap tiga bulan sekali, atau mungkin tiga bulan terlalu cepat maka empat bulan sekali," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Keluarga dan Masyarakat Dinkes Jayawijaya Oliphina Rumbekwan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Rabu.

Pemeriksaan secara rutin berkala itu meliputi pemeriksaan kolestrol, tekanan darah dan kadar gula.

"Dengan rutin diperiksa maka secara dini kita tahu posisi sakit kita ada di level mana sehingga cepat mencari pengobatan," ujarnya.

Oliphina mengatakan, dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), promosi pencegahan itu menjadi lebih dahulu dilakukan sebelum ke arah pengobatan dan rehabilitatif.

Ia juga meminta masyarakat menjalani pola makan yang sehat dengan lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan dan menghindari makanan berlemak.

"Dalam setiap kegiatan-kegiatan yang kita lakukan, alangkah baikknya kalau kita memulai dengan pola hidup sehat," ujarnya.

Dia menegaskan, kabupaten Jayawijaya merupakan penghasil buah-buahan dan sayur-mayur yang umumnya bebas bahan kimia sehingga pilihan mudah dan murah bagi masyarakat untuk mengkonsumsinya.

Biasakan makan buah dan sayuran baik di keluarga maupun di lingkungan kerja karena lebih menyehatkan, katanya.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024