Asmat (Antaranews Papua) – Bupati Asmat Elisa Kambu saat melakukan kunjungan kerja ke Distrik Suator, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, beberapa hari lalu, berkesempatan menyambangi paramedis di Puskesmas setempat, guna memberi penguatan.

Ketika tatap muka dengan para tenaga medis, Bupati Asmat Elisa Kambu memberikan apresiasi serta motivasi kepada para petugas kesehatan di Puskesmas Suator agar tetap setia menjalankan tugasnya.

"Saya menyampaikan selamat untuk anda semua. Anda adalah orang-orang yang luar biasa yang terpanggil melakukan pelayanan di pelosok-pelosok di Papua, termasuk di Asmat," kata Elisa.

Ia mengatakan kondisi geografis di Papua umumnya sulit. Selain itu masalah keamanan juga menjadi hambatan tersendiri dalam pelaksanaan tugas. Namun menurutnya situasi di Asmat cukup aman jika dibanding daerah lain.

"Asmat itu agak lumayan sedikit. Pertama aman, jadi kita rasa nyaman. Memang tidur nyamuk gigit atau sunyi, tapi bisa nyenyak begitu. Itu sebabnya kita bersyukur kepada Tuhan," ujar Elisa.

Sebagai ungkapan syukur, Elisa mengajak paramedis untuk lebih bersosialisasi. Menjaga hubungan dengan rekan kerja, menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan masyarakat serta memberikan pelayanan yang tulus kepada pasien.

"Orang-orang yang ada di sekitar kita, teman kerja atau pasien itu merupakan keluarga kita. Semangat kekeluargaan harus tumbuh sehingga kita lebih giat memberikan pelayanan," ujarnya.

Menurut dia, keputusan paramedis untuk bertugas di pelosok-pelosok merupakan keputusan yang hebat dan luar biasa.

"Kalau dilihat dari apa yang diperoleh itu tidak sebanding dengan beban tugas, tidak sebanding dengan kondisi tempat mengabdi. Keputusan itu merupakan panggilan hidup," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Elisa mengharapkan agar para tenaga medis tidak hanya melakukan pengobatan di Puskesmas, tapi juga mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Hidup sehat ini tidak turun dari langit. Jadi saya harap teman-teman membantu mengubah pola pikir serta perilaku masyarakat untuk hidup sehat seperti menjaga kebersihan lingkungan, membiasakan diri anak-anak cuci tangan, mandi dan sebagainya," kata Elisa. (*/adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024