Jayapura (Antaranews Papua) - Bupati Puncak Willem Wandik mengatakan akan mendorong kerja sama dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) berkaitan dengan distribusi sayur-sayuran bagi konsumsi pegawai di perusahaan tambang tersebut.

"Dalam 100 hari kerja setelah dilantik ini, kami akan memberikan perhatian pada peningkatan perekonomian rakyat melalui kerja sama dengan Freeport," katanya di Jayapura, Senin usai dilantik Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Menurut Willem, pihaknya akan menyurati PTFI untuk menerima hasil bumi yang diolah masyarakat dari Kabupaten Puncak seperti kol, wortel, kentang dan kopi.

"Untuk mendukung program ini, kami rencananya juga akan meresmikan dua buah pesawat yang nantinya digunakan sebagai alat angkut hasil bumi dari Kabupaten Puncak," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap dengan peningkatan perekonomian rakyat ini, kesejahteraan masyarakat dapat meningkat sehingga apa yang menjadi visi dan misi dapat terwujud.

"Selain peningkatan ekonomi rakyat, dalam 100 hari kerja pascadilantik, kami juga akan mengusung RPJMD, visi dan misi, lalu program-program lima tahun lalu yang telah dilakukan serta pengamanan pelaksanaan pemilihan Presiden juga anggota dewan baik di tingkat pusat hingga kabupaten," katanya.

Pihaknya juga akan memberikan perhatian kepada pembangunan infrastruktur dan penguatan kelembagaan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Puncak.

"Penguatan infrastruktur terlebih khusus atas pembangunan jalan Trans Papua yang telah dirintis oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di mana diharapkan dalam tahun-tahun mendatang setelah dapat terakses, dapat pula dilakukan peningkatan jalan dan aspal," ujarnya.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024