Biak (Antaranews papua) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyediakan 28 unit bak penampung sampah untuk pejalan kaki di trotoar.

"Ada 20 drum bak penampung sampah bantuan dari Depot Pengisian Bahan Bakar Udara Bandara Frans Kaisiepo Biak dan delapan unit dari PLTD," ujar Kepala DLH Biak Numfor Iwan Ismulyanto AP di Biak, Selasa.

Ia mengimbau warga Biak Numfor untuk menjaga dan merawat fasilitas drum bak penampung sampah untuk pejalan kaki di berbagai trotoar.

Dengan disediakan bak sampah bag pejalan kaki itu, maka diharapkan warga Biak Numfor tetap menjaga kebersihan lingkungan serta tidak membuag sampah di pinggiran jalan.

"Biak sebagai kota yang bersih dan meraih piala kebersihan Adipura empat tahun harus tetap kita jaga bersama," ujar Iwan Ismulyanto.

Selain menyediakan drum penampung sampah, pihak DLH juga menyediakan kontainer penampung sampah di berbagai lokasi strategis.

Dibutuhkan kesadaran bersama setiap elemen masyarakat Biak Numfor untuk berkomitmen mendukung program kebersihan lingkungan dilakukan instansi pemkab,BUMN/BUMD, instansi TNI/Polri, organisasi kemasyarakatan serta komunitas pendidikan sekolah Adiwiyata.

Sejauh ini fasilitas drum tempat penampung sampah di sepanjang Jalan Imam Bonjol dimanfaatkan warga untuk menaruh sampah, dan akan diangkut petugas kebersihan untuk dibuang ke lokasi pembuangan akhir.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024