Jayapura (Antaranews Papua) - Otoritas Bandara Sentani dan Merauke menyatakan siap menerima dan melayani pesawat peserta Asia Pasific Economy Coorporation (APEC) yang hendak parkir, setelah pesawat tersebut menurunkan penumpangnya di Port Moresby, Papua Nugini (PNG), awal Nopember mendatang.

Kepala Bandara Sentani Anthonius Prabtono kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan pihaknya siap menerima pesawat-pesawat milik anggota delegasi APEC yang ingin memarkirkan pesawatnya.

Surat pemberitahuan dari Kementerian Perhubungan sudah diterima dan Bandara Sentani mendapat jatah lima pesawat yang akan parkir, namun belum diketahui pasti jenis pesawat, dari negara mana dan kapan pesawat tersebut mendarat.

"Yang pasti Bandara Sentani mendapat jatah lima pesawat yang akan memarkirkan pesawatnya selama pelaksanaan APEC di Port Moresby," kata Prabtono seraya menambahkan, hingga kini belum ada persiapan khusus untuk kegiatan tersebut.

Panjang landasan bandara Sentani tercatat 3.000 meter.

Plt Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Mopah di Merauke Ceppy Triono yang dihubungi dari Jayapura, mengatakan pihaknya siap mendukung dan menerima bila ada pesawat delegasi APEC memarkirkan pesawatnya di Merauke.

Sudah ada pemberitahuan dari Jakarta namun belum diketahui pasti jadwalnya kapan dilaksanakannya.

"Pada prinsipnya kami siap menerima pesawat-pesawat milik delegasi APEC yang ingin parkir di Bandara Mopah Merauke," kata Triono seraya menambahkan bahwa panjang bandara tersebut tercatat 2.500 meter.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024