Jayapura (Antaranews Papua) - Ratusan alumni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Jayapura (sekolah berpola asrama) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 sekolah tersebut, Sabtu.
 
Kepala SMAN 3 Jayapura Anton Joko Martono di sela-sela peringatan HUT sekolah itu, mengemukakan alumni dari sekolah tersebut tercatat sebanyak 1.14 orang  yang kini tersebar berbagai pelosok Tanah Air baik yang mengabdi di pemerintahan, swasta maupun militer dan kepolisian.
   
Sementara siswa yang sedang menimba ilmu di sekolah itu, kini sebanyak 559 orang. Dari 559 orang siswa itu, sebanyak 370 siswa berada di asrama, sementara sisanya tidak tinggal di asrama.
   
Pola asrama merupakan salah satu program unggulan karena asrama bukan hanya sebagai tempat tidur, tapi juga mengajarkan sisi pendidikan akademik,  karakter, sikap dan keterampilan, serta unsur kepemimpinan.
   
"Saya pikir untuk sekolah berpola asrama ini cocok untuk anak-anak didik di Papua ini," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Iwan Suebu, salah satu alumni SMN 3 Jayapura.

Menurut Iwan, sekolah berpola asrama untuk anak-anak Papua dianggap manjur untuk mendidik mental anak-anak guna menghadapi persaiangan global di dalam negeri maupun di luar negeri.

Sekolah berpola asrama juga mendidik pribadi yang tetap berkomitmen terhadap pembelajaran  yang akan dibawa sampai selesai pendidikan.

 "Sekolah berpola asrama ini, dibina secara otomatis dan disiplinnya terbentuk," tambah dia.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024