Asmat (Antaranews Papua) – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat Ambo Asse Manili berkomitmen untuk meningkatkan akses transportasi di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

Hal itu disampaikan Ambo Asse Manili usai dilantik sebagai pejabat definitif Kepala Dinas Perhubungan oleh Bupati Asmat Elisa Kambu pada Rabu (17/10) malam di Aula Wiyata Mandala, Agats.

Ambo mengatakan pembangunan bandar udara dan pelabuhan rakyat merupakan sejumlah program strategis Pemerintah Kabupaten Asmat dibawah kepemimpinan Bupati Elisa Kambu dan Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo.

Sebab itu, kata Ambo, pihaknya akan memprioritaskan peningkatan dan pengembangan bandara serta sejumlah pelabuhan rakyat dalam rangka memudahkan akses transportasi masyarakat di kabupaten itu.

"Untuk sektor perhubungan, salah satu tugas prioritas adalah perhubungan udara. Kami akan melakukan peningkatan di Bandara Ewer, sehingga ke depan bisa didarati oleh pesawat ATR 72," kata Ambo di Agats.

Selain bandara, Dinas Perhubungan Kabupaten Asmat juga akan meningkatkan pelayanan kapal barang serta penumpang di kabupaten tersebut. Terutama meningkatkan pelayaran rakyat sehingga akses masyarakat semakin terbuka.

"Kami akan buka akses masyarakat di kampung-kampung. Memang selama ini terkendala sarana-prasarana, tapi ke depan akan lebih ditingkatkan lagi," ujar mantan Kepala Bidang Perhubungan Udara pada Dishub Asmat itu.

Sebagai kepala Dinas Perhubungan yang baru, Ambo mengatakan bahwa ia akan melakukan pembenahan internal pada instansi tersebut.

Selain itu pihaknya akan membangun sinergitas dengan berbagai instansi yang ada.

"Sesuai arahan tadi, kami akan melakukan konsolidasi secara internal. Lalu membangun sinergitas dengan berbagai organisasi sehingga terbentuk suatu link yang baik yang bisa memajukan daerah ini ke depan, terutama di bidang angkutan dan transportasi," ujarnya. (*/adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024