Jayapura (Antaranews Papua) - Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 1701-10/Jayapura Sertu Abrosius Apasaray bersama dua orang rekannya memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada ratusan pelajar SMPN 1 Depapre, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura, Papua.
   
Danramil 1701-10/Depapre Kapten Inf Supriyadi saat berada di Kota Jayapura, Sabtu, mengatakan pembekalan atau penyuluhan wawasan kebangsaan itu berawal dari kerja sama pihaknya dengan SMPN 1 Depapres.
   
"Jadi pada saat tatap muka bersama dan bersilahturahmi antara Koramil dan pihak sekolah pada beberapa waktu lalu, maka tercetuslah hal ini untuk menjalin hubungan kerjasama dalam membina dan melatih para pelajar di SMPN 1 Depapre akan suatu wawasan kebangsaan," katanya.
   
Menurut dia, penyuluhan wawasan kebangsaan di SMPN 1 Depapre memanfaatkan waktu luang jam pelajaran agar agar para pelajar tidak terganggu.
   
"Babinsa mensosialisasikan wawasan Kebangsaan kepada pelajar sekolah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan menanamkan sikap nasionalisme melalui jati dirinya sebagai warga negara Indonesia sehingga terbentuk jiwa patriotisme dan rasa cinta tanah air yang dituangkan dalam wujud bela negara bagi keutuhan dan kedaulatan NKRI," katanya.
   
Pihak sekolah SMPN 1 Depapre sangat mendukung program kegiatan Babinsa Koramil Depapre agar pelajarnya yang merupakan generasi muda bangsa dapat mengenal dan memahami wawasan kebangsaan serta nilai-nilai Pancasila yang menjadi falsafah dan pandangan hidup bangsa Indonesia.
   
"Kerja sama Koramil Depapre dengan SMPN 1 Depapre tercipta berkat dukungan pimpinan sekolah serta guru-guru yang ingin anak didikannya memiliki mental dan disiplin yang baik, sehingga Babinsa diharapkan dapat pula memberikan pembinaan disiplin kepada pelajar dalam menunjang proses belajar mengajar di sekolah," katanya.
   
Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, Koramil Depapre diminta pihak sekolah untuk memimpin upacara setiap hari Senin sekaligus mendidik para pelajar tentang baris berbaris serta menanamkan disiplin kerapihan dalam berseragam sekolah maupun disiplin waktu dalam kegiatan belajar serta masuk sekolah.
   
"Disamping menumbuhkan sikap disiplin, pihak SMPN 1 Depapre menghendaki agar Babinsa memberikan pula pembekalan kesadaran bela negara bagi anak didiknya melalui wawasan kebangsaan dengan harapan terbentuk karakter generasi bangsa yang bermental Pancasila dalam rangka menciptakan SDM yang berkualitas dalam pelajaran dan berprestasi di sekolahnya," kata Supriyadi.
   
Wakil Kepala SMPN 1 Depapre, Suwarjo mengapresiasi segala bentuk kegiatan Babinsa yang diterapkan di sekolahnya.
   
"Kami akan terus menjalin komunikasi dengan Koramil dan bekerja sama untuk membantu memberikan pemahaman kepada pelajar dalam segala hal yang akan membentuk karakter yang baik dan jiwa yang sehat untuk masa depan generasi muda kita," katanya. (*/adv)

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024