Timika (Antaranews Papua) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Kabupaten Mimika, Papua, menggelar rapat koordinasi (rakor) kependudukan tahun 2018 dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan di daerah itu.

"Untuk mewujudkan Nawacita yaitu menghadirkan Negara yang bekerja, memberikan rasa aman dan melindungi melalui peningkatan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil maka dilaksanakan rapat koordinasi kependudukan dan pencatatan sipil yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk membahas sistem dan tata kelola pelayanan yang lebih baik," kata Kepala Dipencapil Kabupaten Mimika Jhon Wicklif Tegai di Timika, Selasa.

Selain itu, kata Jhon, rakor tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan sinergitas pelayanan antara pemerintah pusat dan daerah dalam penyelenggaraan Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Secara khusus sinergitas program atau kegiatan sistem administrasi kependudukan Dispencapil, distrik, kelurahan, kampung, RT dan RW di Mimika.

"Dengan demikian ada kesamaan persepsi aparatur penyelenggaraan administrasi kependudukan dalam menata sistem dan tata kelolah pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

"Selain itu tugas pokok dan fungsi dinas, distrik, kelurahan dan RT secara terintegrasi dalam memberikan rasa aman dan melindungi bangsa dan segenap negara melalui peningkatan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil," ucapnya lagi.

Rakor yang digelar selama satu hari tersebut dihadiri sebanyak 150 peserta diantaranya para perwakilan OPD terkait, mitra Dispencapil seperti BPJS Kesehatan, para Kepala Distrik, dan para lurah.

Rakor ini juga menghadirkan narasumber dari Dirjen Dukcapil Kemendagri RI dan narasumber dari Dispencapil Mimika Sendiri.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan penandatanganan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Mimika yang diwakili oleh Sekda Mimika, Ausilius You dan Dispencapil dengan para mitra seperti BPJS Kesehatan, perwakilan Kepala Distrik, Lurah dan RT tentang pamanfaatan data kependudukan.

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024