Timika (Antaranews Papua) - Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) Timika, Mimika, Papua menghibahkan satu unit kapal penangkap ikan dan satu unit mobil "pickup" kepada kelompok nelayan Mandiri di Pomako, Timika.

Wakil Sekretaris (Wase) Bidang Ekonomi LPMAK, Yohanes Kum mengatakan hibah itu bagian dari program pembinaan masyakarat tujuh suku dari dana kemitraan PT. Freeport Indonesia melalui LPMAK.

"Kelompok nelayan Mandiri ini adalah kelompok binaan biro ekonomi suku Kamoro yang dimaksud untuk mengembangkan ekonomi mereka yang berprofesi sebagai nelayan," tambahnya.

Ia berharap agar kapal berukuran panjang 21 meter dan lebar empat meter serta berkapasitas 29 GT tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan penghasilan dan bisa berkembang menjadi nelayan yang mandiri.

Sekretaris Eksekutif LPMAK, Abraham Timang menyebutkan program pengembangan ekonomi dimaksudkan agar penerima bantuan menjadi mandiri dalam usaha yang dikembangkan dan didukung oleh LPMAK.

Abraham mengatakan program bantuan kapal penangkap ikan sebagai proyek percontohan yang akan dievaluasi apakah berhasil atau tidak untuk menentukan program serupa lagi kedepannya.

"LPMAK akan memberikan modal awal pada bulan pertama untuk biaya operasional. Kami berharap pada bulan berikutnya hasil dari usaha perikanan dapat menjadi modal lagi untuk operasi pada bulan selanjutnya," ujarnya.

Ketua Badan Pengurus LPMAK, Robert Waropea yang juga sebagai Ketua Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro (Lemasko) berpesan kepada penerima bantuan untuk merawat dan menggunakan aset yang dihibahkan sehingga dapat meningkatkan ekonomi mereka.

Ketua Kelompok Nelayan Mandiri, Kornelis Kamarece pada kesempatan yang sama mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada LPMAK atas bantuan yang diberikan. Ia optimis akan mengembangkan usaha perikanan lebih berkembang lagi berkat bantuan fasilitas yang diberikan LPMAK.

Penyerahan dua aset LPMAK ditandai dengan penandatangan berita acara hibah oleh SE LPMAK Abraham Timang dan Ketua Kelompok Nelayan Mandiri, Kornelis Kamarece dan selanjutnya diserahkan oleh Ketua Badan Musyawarah LPMAK, Elminus Mom kepada Kornelis secara simbolis.

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024