Asmat (Antaranews Papua) – Manajemen Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, Provinsi Bali, mendorong peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, dengan memberikan pelatihan Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO) kepada paramedis di Asmat.

Workshop PKPO tersebut terselenggara berkat kerja sama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agats dan RSUP Sanglah Denpasar.

Asisten III Setda Kabupaten Asmat Syamsul Agats ketika membuka Workshop PKPO di Aula RSUD Agats di Agats, mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas perawat dalam hal pelayanan kefarmasian dan obat kepada masyarakat.

Mewakili pemerintah daerah setempat, Syamsul memberikan apresiasi kepada manajemen RSUP Sanglah Denpasar yang diwakili Kepala Instalasi Farmasi Drs AA Raka Karsana MBiomed Apt.

Syamsul mengatakan kesehatan merupakan salah satu sektor prioritas dalam pemerintahan Kambu-Safanpo. Karenanya pemerintah daerah setempat terus memacu pelayanan kesehatan, melakukan berbagai inovasi di sektor kesehatan serta memberikan pendidikan kesehatan.

"Pendidikan dan kesehatan merupakan prioritas utama. Pemerintah daerah terus mendorong peningkatan SDM perawat maupun pegawai sektor kesehatan agar pelayanan menjadi lebih baik," katanya.

Menurut Syamsul, pemerintah setempat terus bekerja keras untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Asmat melalui peningkatan pelayanan kesehatan, sarana prasarana kesehatan dan pendidikan kesehatan.

"Terima kasih kepada Drs. AA Raka Karsana yang memberikan pembekalan kepada perawat dan pegawai kami. Kami harapkan para peserta benar-benar mencermati sehingga ada peningkatan pelayanan kefarmasian dan obat kepada masyarakat," ujarnya.

Pelatihan pelayanan kefarmasian dan penggunaan obat selain diikuti para perawat dari RSUD Agats, juga diikuti pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat dan paramedis dari sejumlah Puskesmas. (*/Adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024