Wamena (Antaranews Papua) - Bupati Yalimo Provinsi Papua Lakius Peyon mengatakan jalan transPapua sudah membawa perubahan harga kebutuhan masyarakat di wilayahnya.

Bupati Lakius saat di Elelim, ibu kota Kabupaten Yalimo, Jumat, mengatakan secara umum memang belum begitu terasa sebab jalan trans Papua belum selesai dikerjakan.

Dia mencontohkan semen, sewaktu disuplai dari Wamena (Jayawijaya), dibeli di Elelim sekitar Rp700-Rp800 ribu. Tetapi dengan adanya jalan transPapua, Semen bisa dijual dengan harga Rp500 ribu. Terkadang kita bisa dapat dengan harga Rp350 ribu.

"Setelah jalan transPapua dibuka secara penuh maka pendistribusian barang ke Yalimo semakin banyak dan masyarakat tidak terlalu kesulitan," katanya.

Walau pengerjaan jalan transPapua belum selesai, ia mengatakan animo masyarakat untuk mendistribusi kebutuhan pokok di sana sangat tinggi.

Mantan wartawan itu mengatakan belum ditetapkan harga enceran tertinggi (HET) untuk kebutuhan di sana pascapembukaan jalan transPapua, namun segera dilakukan.

"Kami belum tetapkan HET untuk barang karena jalan trans Papua belum dibuka secara umum dan tidak menentu. Tatapi kemungkinan pada tahun 2019 kita sudah membuat HET," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024