Jayapura (Antaranews Papua) - Sebanyak 107 orang diperiksa polisi di Mapolres Jayapura Kota, Papua, sesaat setelah menghadiri perayaan HUT Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang dilaksanakan di asrama mahasiswa Pegunungan Bintang yang berlokasi di kawasan Waena, Kota Jayapura, Senin (19/11).

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Urbinas membenarkan dibubarkannya kegiatan memperingati HUT KNPB yang dipusatkan di asrama Pegunungan Bintang Waena itu.

"Memang benar 107 orang diperiksa Polisi terkait perayaan HUT KNPB dan sekarang masih di Mapolres Kota Jayapura," ujarnya ketika dikonfirmasi dari Jayapura.

Informasi yang dihimpun Antara menyebutkan seratusan orang itu diamankan sejak pukul 11.30 WIT dan kini masih diperiksa.

Selain membubarkan kegiatan perayaan HUT KNPB, polisi yang dibantu Kodim 1701 Jayapura dan Brimob Polda Papua juga menyita 16 sepeda motor yang diduga merupakan hasil pencuriian.

Mantan Kapolres Jayapura itu mengatakan dari laporan yang diterima terungkap saat peringatan HUT KNPB yang dilaksanakan di asrama Pegunungan Bintang itu, lebih banyak dihadiri warga di luar penghuni asrama.

Polisi dibantu TNI akan terus melakukan pembubaran berbagai kegiatan upaya makar yang dilakukan sekelompok masyarakat di wilayah hukum Polres Jayapura Kota.

"Saat ini 107 orang masih diperiksa di Polres Jayapura Kota dan anggota melakukan identifikasi terhadap mereka," kata AKBP Urbinas.

KNPB merupakan salah satu kelompok yang berjuang ingin memisahkan Papua dari NKRI.
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024