Jayapura (Antaranews Papua) - Pengurus Generasi Pesona Indonesia (Gempi) Papua menyatakan kesiapannya mempromosikan potensi pariwisata Papua melalui media sosial (medsos) karena diyakini sektor tersebut bisa menjadi penggerak roda perekonomian daerah.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Papua, yang juga Pembina Utama Gempi Yoseph I. S. Matutin, di Jayapura, Jumat, menjelaskan sektor pariwisata sudah terbukti mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan ekonomi nasional sebagai industri perolehan devisa.

Oleh karena itu, ia menginginkan pariwisata dapat dikelola secara baik agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi pilar utama penyangga pembangunan daerah.

Menurut dia, Papua memiliki banyak potensi yang dapat dijadikan daya tarik para wisatawan.

Dengan perkembangan era digital yang begitu pesat, ia menganggap medsos adalah media yang paling efektif untuk mempromosikan pariwisata.

"Dengan memiliki keanekaragaman alam dan budaya Papua dengan 253 suku dengan ciri khas adat istiadat dan bahasa yang berbeda maka melalui Gempi diharapkan semakin banyak aktivitas promosi wisata yang dapat ditampilkan melalui promosi wisata dunia digital," kata dia.

Sementara Ketua Harian Gempi Siti Chotuah mengatakan, Gempi yang memiliki 13.8000 "followers" dan dalam mempromosikan tempat wisata di medsos melibatkan kelompok komunitas maupun individu-individu berjiwa muda yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata.

Media yang digunakan beraneka ragam, seperti blog, facebook, twitter, instagram, whatsapp dan lainnya.

Karena fokus promosi dalam dunia digital maka Gempi sering dijuluki laskar?digital merah putih.

Ia berharap kehadiran Gempi yang lahir tiga tahun lalu di NTB dapat membantu majunya pariwisata di wilayah Papua, sehingga dunia luar dapat melihat keindahan alam Papua yang tidak kalah bagusnya.

Pewarta : Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024