Timika (Antaranews Papua) - Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengagendakan mutasi besar-besaran pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, pada Januari mendatang atau setelah APBD Induk Mimika 2019 ditetapkan DPRD setempat.

"`Rolling` pejabat itu setelah selesai semua, Januari. Yang penting kita sudah tetapkan APBD 2019 dulu," kata Bupati Omaleng di Pendopo di Timika, Senin.

Eltinus mengemukakan bahwa mutasi pejabat akan dilakukan besar-besaran mulai dari tingkat paling bawah hingga kepala dinas.

Bahkan, Eltinus dengan gamblang mengatakan bahwa pergantian pejabat tersebut bernuansa kepentingan politik.

Dimana seluruh pejabat yang tidak mendukung dirinya pada Pilkada 2018 akan dicopot.

"Ini `rolling` besar-besaran, mulai dari RT (tingkat paling bawah). Yang kemarin tidak dukung, saya mau kasih bersih semua. RT, camat, lurah, semua sapu bersih," kata dia.
  Apel pagi ASN Pemkab Mimika, Senin (26/11/2018). (Antaranews Papua / Jeremias Rahadat)
Bupati Omaleng kini tengah menunda penyerahan dukungan kendaraan operasional kepada sejumlah kelurahan hingga "rolling" pejabat selesai dilakukan.

"Lurah punya mobil-mobil saya masih tahan. Yang mobil pickup saya janji mau berikan mereka itu sekarang saya masih tahan sampai `rolling` selesai dulu, orang yang aktif saja yang saya kasih," ujarnya.

Bupati Eltinus mengaku telah berkoordinasi dengan Ketua DPRD Mimika Elminus B Mom mengenai pembahasan APBD 2019.

Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) pun segera diserahkan ke DPRD.

Sidang paripurna pembahasan APBD 2019 segera dibuka pekan ini. Dimana masa pembahasan APBD hingga 15 Desember sudah harus ditetapkan.

"Kemungkinan sidang paripurna dibuka hari Rabu. Sehingga kalau APBD sudah selesai dibahas, `rolling` juga sudah jalan. Dengan demikian, DPA nanti saya akan serahkan kepada kepala dinas yang baru," katanya.

Pewarta : Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024